top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

5 Tips Aman Mengoperasikan Alat Berat Saat Hujan


Salah satu yang biasanya paling sering menjadi kendala saat mengoperasikan alat berat adalah faktor cuaca. Cuaca memang tak menentu dan tidak bisa diprediksi. Seandainya hujan yang turun dapat diprediksi tentunya kamu akan dapat merencanakan jadwal pelaksanaan proyek dengan lebih baik. Tapi, hal tersebut belum dapat dilakukan dan kerapkali cuaca yang tidak menentu menjadi tantangan dan bahkan kadang halangan.


Namun, di sisi lain walaupun ada keharusan untuk mencapai target dan deadline tidak berarti kamu dapat membiarkan kru berada dalam resiko untuk terus meneruskan pekerjaan di kondisi cuaca tidak baik. Bukan tidak mungkin bisa terjadi kecelakaan saat mengoperasikan alat berat dikarenakan kondisi jalan yang licin. Hal tersebut juga bukan tidak mungkin dapat menimbulkan kematian.


Meski demikian, pihak perusahaan harus tetap dapat mengupayakan dan memikirkan cara agar proyek atau produksi dapat terus berjalan dan para pekerja pun juga dapat aman. Berikut beberapa tips aman mengoperasikan alat berat saat hujan.


1. Operasikan dengan hati-hati

Bukanlah hal yang mudah jika kita dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan saat cuaca yang tidak mendukung. Hujan yang mengakibatkan permukaan jalan menjadi licin pastinya akan cukup membahayakan, bekerja dengan lebih perlahan dan fokus, dengan begitu satu demi satu pekerjaan akan dapat terselesaikan.


2. Gunakan peralatan yang tepat

Jangan menggunakan alat dan perlengkapan elektrik yang tidak diciptakan khusus untuk penggunaan luar ruang ketika berhadapan dengan hujan. Pilihan pegangan yang bertekstur sehingga tidak licin dan membahayakan. Selain itu, pastikan kabel-kabel pada bagian luar berada dalam kondisi yang baik untuk menghindari korsleting akibat penggunaan barang elektrik selagi hujan.


3. Gunakan perlengkapan hujan yang aman

Pastikan perlengkapan hujan yang digunakan sesuai dengan ukuran tubuh dan dapat digunakan dengan nyaman dalam waktu yang lama sehingga tidak mengganggu pergerakan selagi bekerja. Selain itu pastikan kru juga memakai perlengkapan yang aman seperti sepatu bersol tebal agar tetap terlindungi dan tak mudah tergelincir.


4. Jaga area penglihatan tetap baik

Gunakan helm dan kacamata kerja ketika harus keluar ruangann ketika hujan untuk menghindari ciptratan air hujan yang masuk ke mata. Selain itu, berhati-hati ketika harus keluar ruangan karena kondisi hujan akan mengurangi jarak pandangan.


5. Pastikan setiap pekerja dapat terlihat dengan jelas

Demi keselamatan bersama, semua pekerja diwajibkan menggunakan pakaian dengan visibilitas yang tinggi. Hal ini bertujuan agar semua orang dapat terlihat dengan jelas, terutama oleh operator yang sedang mengoperasikan alat berat.

61 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page