top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

7 Alat Berat yang Digunakan Di Tambang dan Kegunaannya


Industri alat berat adalah salatu yang termasuk mengeruk keuntungan di periode 1/2022. Hal ini dikarenakan adanya kenaikan produksi alat berat yang diakibatkan dari meningkatnya permintaan dari sektor tambang.


Keberadaan alat berat ini sangat berguna untuk membantu operastional kerja mereka sehari-hari menjadi lebih efisien. Umumnya penggunaan alat berat disesuaikan dengan jenis pekerjaan pertamabangan yang sedang dilakukan. Terlebih jika itu penambangan di permukaan tanah atau penambangan dalam tanah.


Kali ini kita bakal bahas alat berat apa saja yang digunakan di sektor tambang, simak selanjutnya di bawah ini yaa!


Bulldozer

Bulldozer biasanya digunakan untuk membuat lahan yang akan dibuka dan masih dipenuhi pohon dan semak belukar.


Dump Truck

Biasanya dump truck ini mirip seperti truk pada umumnya, namun kapasitas yang dimiliki dump truck jauh lebih besar. Fungsinya bisa untuk mengangkut material dari area tambang ke kapal tongkang atau ke tempat penyimpanan.


Wheel Loader

Bentuknya mirip seperti traktor namun wheel loader memiliki bucket besar di depannya. Bucket tersebut berfungsi untuk memuat barang seperti batu bara untuk diletakkan ke conveyor atau untuk membuat tanah penutup yang sudah ditimbun ke dalam dump truck untuk proses penutupan lubang.

Excavator

Mungkin alat ini adalah salah satu yang paling sering terlihat, tidak hanya pada pertamabangan namun kadang dalam kehidupan sehari-hari kita tidak jarang menjumpai alat ini. Excavator berbentuk seperti wheel loader dan sering digunakan untuk menggali lubang secara vertikal, khususnya pada daerah yang basah.


Scraper

Bentuk scraper seperti tractor, namun memiliki sisi lebar pada bagian bawah. Scraper berfungsi untuk mengupas lapisan tanah pucuk. Di penambangan batu bara biasanya alat ini digunakan karena adanya tanah yang tidak bisa dikeruk begitu saja. Sebab lapisan batu bara ada di lapisan pucuk dan tanah penutup.


Motor Grader

Walaupun namanya motor tapi alat ini tidak berbentuk seperti sepeda motor. Motor grader digunakan untuk meratakan permukaan tanah dan merupakan alat pendukung untuk memudahkan mobilisasi dump truck.


Roller

Roller digunakan untuk mengeraskan dan memadatkan permukaan tanah yang akan dijadikan jalan. Hal ini bertujuan agar tanah yang sudah dipadatkan tidak akan amblas saat dilewati.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page