top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Apa Itu Crane dan 7 Macam Jenis Crene?

Diperbarui: 22 Des 2022


Pengertian Crane

Crane adalah alat berat yang memiliki fungsi untuk mengangkat dan memindahkan barang atau material berat dari satu tempat ke tempat lain. Barang yang diangkat menggunakan crene biasanya terdapat pada proyek konstruksi bangunan, pelabuhan, bidang industrial, pergudangan serta perbengkelan.


Crane adalah mesin yang umumnya beroperasi dengan minyak atau sistem hidrolik dengan bantuan sistem pneumatik atau udara. Crane memiliki beberapa jenis yang fungsinya disesuaikan dengan metode serta lokasi kerja crane tersebut akan digunakan.


Jenis Crane

1. Tower Crane


Biasanya tower crane yang sering digunakan dalam proyek konstruksi bangunan, terutama dalam pembangunan gedung tinggi. Tower crane umumnya memiliki tinggi berkisar 70 hingga 80 meter dan mampu menangkat material berat hingga lebih dari 20 ton.


Tidak dapat dibayangkan jika material seberat 20 ton diangkat atau dipindahkan hanya dengan tenaga manusia ke tempat tinggi. Penggunaan crane dalam pembuatan gedung pencakar langit sangat diperlukan.


Pengaturan untuk menggunakan tower crane yakni tetap berada ditempat crane ditancapkan. Dasar dari tower crane terbuat dari beton dan proses penancapan menggunakan baut besar berkualitas tinggi.


Hal ini dilakukan agar tower crane dapat berdiri kokoh dan saat mengangkat material tidak terjadi hal yang diinginkan seperti crane roboh.


Memiliki bentuk yang besar dan tinggi, membuat tower crane memakan banyak waktu hanya untuk pemasangan karena banyak bagian yang harus dipasang secara terpisah.


2. Truck Crane


Selain disebut truck crane, crane satu ini juga sering disebut mobile crane. Crane yang satu ini dipasangkan dengan mobil truk sehingga memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk bergerak.


Berbeda dengan tower crane yang hanya dapat berada pada lokasi penancapan. Truck crane bisa dibawa langsung ke lokasi konstruksi tanpa menggunakan kendaraan pengangkut lagi. Pemasangan tiang pada jenis crane ini dapat dilakukan ketika beroperasi dan dapat berputar 360 derajat.


3. Hydraulic Crane


Tipe crane ini, hanya digunakan pada perbengkelan atau pergudangan. Memiliki struktur yang cukup sederhana dan tidak fleksibel untuk berpindah dari satu titik ke titik lain.


Jangkauan yang dimiki hydraulic crane juga tidak panjang dan hanya mampu berputar hingga 180 jerajat. Oleh karena itu, jenis crane ini tidak akan cocok digunakan pada poryek konstruksi.


4. Crawler Crane


Crawler crane merupakan jenis crane memiliki jangkauan yang tidak begitu panjang dan umumnya crawler crane digunakan pada proyek pembangunan.


Terlihat seperti excavator dengan fungsi yang berbeda. Crane ini juga memiliki roda rantai atau crawler, sehingga memungkinkan crawler crane memiliki mobilitas ketika digunakan pada berbagai medan.


Walaupun memiliki roda untuk bergerak, namun memiliki prinsip sama seperti excavator yang membuatnya tidak memiliki kecepatan dalam perpindahan tempat. Sehingga saat berpindah posisi yang cukup jauh harus dianggkut dengan truk pengangkut.


5. Hoist Crane


Faktanya, crane adalah mesin yang tidak selalu beroperasi di daratan. Crane juga dapat dipasangkan pada langit-langit seperti hoist crane.


Hoist crane biasanya digunakan pada bengkel atau pergudangan dengan menggunakan rel khusus yang dipasang pada langit-langit. Rel berfungsi sebagai jalur bagi hoist crane untuk bergerak maju dan mundur tetapi hanya satu arah.


6. Crane Kereta Api


Sesuai dengan namanya crane jenis ini digunakan untuk mengangkut material pada pembangunan atau perbaikan jalur kereta api.


Dilengkapi dengan roda flensa, membuat crane dapat berjalan diatas jalur rel. Crane jenis ini cukup sering kita jumpai karna kebanyakan hanya beroperasi pada jalur kereta api.


7. Crane Terapung

Selain di darat dan juga pada langit-langit bengkel atau gudang. Crane jenis ini dapat beroperasi di atas laut.


Crane terapung memiliki fungsi untuk membantu proyek konstruksi seperti jembatan atau pelabuhan.


Selain dapat beroperasi di atas laut, jenis crane ini memiliki daya angkut yang sangat besar. Kapasitas pengangkutan dari crane ini dapat mencapai dan bahkan lebih dari 9000 ton sehingga mampu menangkat kapal yang tenggelam atau mengangkut muatan kapal.


204 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page