top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Bulldozer: Apa itu, Fungsi dan Komponennya

Diperbarui: 3 Jul 2023

Seorang pekerja tambang dan konstruksi atau mereka yang bekerja bersinggungan dengan alat berat pasti sudah tidak asing dengan bulldozer.


Bulldozer adalah salah satu alat berat yang sering digunakan di lokasi proyek tambang maupun konstruksi.


Nah, sebenarnya apa itu bulldozer, apa saha fungsi dan komponen serta bagaimana sih cara kerjanya bulldozer?


Apa Itu Bulldozer?

Secara umum bulldozer adalah salah satu alat berat yang memiliki fungsi menarik beban, menggali, meratakan dan menimbun tanah. Oleh karena itu, bulldozer memiliki daya dorong yang sangat tinggi. Untuk menjalankan fungsi tersebut bulldozer telah dilengkapi dengan berbagai macam komponen yang memiliki tugas dan fungsinya masing-masing untuk menunjang pekerjaan bulldozer.



Bulldozer didesain untuk cocok dengan segala medan pekerjaan atau jenis tanah, baik keras atau halus sekalipun. Dengan dukungan setiap komponen bulldozer dan digerakkan oleh traktor sebagai media penggerak. Sehingga bulldozer dapat memiliki mobilitas yang baik. Selain itu, sama seperti alat berat lainnya, bulldozer juga dilengkapi dengan sistem hidrolik sebagai penggerak dari komponen yang terdapat pada bulldozer.


Fungsi Bulldozer

Setidaknya bulldozer memiliki 6 fungsi umum seperti


1. Pembabatan


Fungsi yang pertama bulldozer digunakan untuk melakukan pembabatan, pembersihan atau penebasan pada lahan yang nantinya akan digunakan sebagai lokasi pembangunan atau yang lainnya.


Bulldozer mampu untuk membersihkan lahan dari semak, menebang pohon, dan juga mengangkat serta memindahkan pohon yang telah ditebang sebelumnya atau material lain yang berpotensi mengganggu area kerja.


2. Merintis


Merintis atau pioneering adalah proses kedua dalam pembersihan lahan yang dilakukan setelah pembabatan selesai. Bulldozer akan digunakan untuk meratakan, menarik atau mendorong untuk membuka lahan. Pada proses ini bulldozer akan digukanan untuk membuat jalan sebagai jalur transportasi kendaraan, pemerataan tanah dan membuat jalur yang aman untuk proyek.


Pada proses perintisan, bulldozer dapat difungsikan untuk membuat jalur drainase. Dengan tenaga yang besar bulldozer dapat membuat saluran air dengan lebih cepat dan mudah.


3. Menggali Tanah


Selain memiliki fungsi pembabatan dan merintis, bulldozer juga dapat digunakan untuk menggali. Dilengkapi dengan tangan baja tentu saja pekerjaan menggali bukanlah pekerjaan yang sulit untuk lakukan bulldozer.


Dengan kemampuan menggali tersebut bulldozer dapat digunakan untuk membuat aliran irigasi, parit, dam dan lainnya.


4. Menyebarkan Material


Bulldozer juga dapat digunakan untuk menyearkan material. Biasanya bulldozer akan digunakan untuk melakukan pemerataan lahan. Nah, pada proses inilah bulldozer menyebarkan material ke lokasi lain agar lahan atau tanah dapat lebih rata.


Selain itu, bulldozer juga dapat digunakan untuk mengangkut material seperti pasir, semen dan lainnya untuk membantu proyek pembangunan. Tentunya pekerjaan akan lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan bulldozer ketimbang harus memindahkannya sendiri.


5. Menimbun


Jika bulldozer memiliki fungsi menggali sudah pasti bulldozer juga dapat digunakan untuk menimbun. Biasanya bulldozer akan digunakan untuk menimbun kembali hasil galian pam, fondasi, gorong-gorong dan lainnya.


6. Menarik


Bulldozer memiliki tenaga yang sangat besar. Maka dari itu bulldozer juga dapat difungsikan untuk menarik material seperti pohon yang telah ditebang dan lainnya.


Komponen Bulldozer


Bulldozer memiliki komponen yang saling berkaitan dengan fungsinya masing-masing:


1. Blade


Komponen pertama yang akan kita bahas adalah blade. Blade adalah komponen yang dari plat logam yang berada pada bagian depan bulldozer. Berbentuk seperti serok dan memiliki ketahanan yang tinggi. Sesuai dengan penggunaannya, blade terbagi menjadi beberapa jenis:

  1. Universal Blade, untuk mendorong material yang jumlahnya banyak.

  2. Angling Blade, biasanya jenis blade ini digunakan untuk pioneering road, side casing, side hill cut dan cutting ditches.

  3. Straight Blade, untuk berbagai jenis medan dan pekerjaan.

  4. Cushion Blade, memiliki cushion rubber untuk meredm terjadinya tumbuhan.

  5. Lisght Material U Blade, merupakan blade yang digunakan untuk keperluan material ringan seperti lumpur.

  6. Bowl Dozer, digunakan untuk meningkatkan efisiensi bulldozer dalam mengangkat atau mendorong material dengan design untuk mencegah material tumpah.

2. Lift Cylinder


Lift Cylinder berfungsi untuk menggerakkan blade dengan cara meneruskan tenaga hidrolik. Sehingga dapat memposisikan blade sesuai kebutuhan melalui lever yang ada di cabin


3. Carrier Roller


Carrier Roller berfungsi untuk menahan main frame serta menahan track shoe agar tetap berada pada posisi yang harusnya sehingga bulldozer dapat bergerak dengan baik.


4. Sprocket


Salah satu komponen bulldozer yang satu ini berfungsi untuk menggerakkan track, yang mana gear akan meneruskan tenaga putar yang diberikan engine sesuai dengan kebutuhan.


5. Main Frame


Termasuk ke dalam kerangka utama yang tergolong sebagai undercarriage. Main frame berfungsi sebagai tempat track roller agar dapat menahan track shoe pada posisinya.


6. Straight Frame


Komponen ini berfungsi sebagai batang penyanggah untuk blade, dapat dikatakan straight frame berfungsi sebagai lengan yang menumpu blade. Berhubungan langsung dengan blade melalui engsel agar blade dapat bergerak bebas dalam menggali atau mengangkat material.


7. Track


Track pada bulldozer berfungsi sebagai roda untuk berpindah tempat. Track juga adalah komponen yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan ke tenaga putar dari engine sehingga bulldozer dapat bergerak.


8. Cutting Edge


Memiliki fungsi untuk meratakan tanah. Komponen ini masih menjadi salah satu bagian dari blade. Memiliki gerigi pada cutting edge yang membuatnya dapat meratakan tanah dengan baik.


9. End Bit


End Bit berada di pojokan atau bagian samping blade dan menjorok agak keluar. Komponen ini berfungsi untuk menyerok material agar dapat masuk ke blade.


10. Cabin


Sama seperti alat berat lainnya cabin berfungsi sebagai tempat operator mengoperasikan dan mengontrol bulldozer. Cabin berada di bagian upperstructure pada bulldozer.


10. Engine


Alat apapun tidak akan bisa bekerja atau bergerak jika tidak ada engine. Engine berfungsi untuk menghasilkan pusat tenaga yang dapat membuat bulldozer bergerak sesuai dengan kebutuhan.


Itulah definis dari alat berat bulldozer berserta fungsi dan apa saja komponennya.


Jika kamu ingin menjadi operator alat berat tidak ada salahnya jika kamu mengetahui sebenarnya apa itu bulldozer.


Semoga informasi mengenai bulldozer dapat membantu kamu mengetahui lebih dalam mengenai alat berat bulldozer. Pada dasarnya alat berat itu sangat banyak jenisnya. Bisa dikelompokan berdasarkan fungsi, bentuk dan lainnya.

316 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page