top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Faktor-Faktor yang Dapat Memperpendek Umur Spare Part Alat Berat


Sama seperti spare part atau suku cadang otomotif lainnya. Spare part alat berat juga memiliki umur pemakaian yang terbatas. Meski begitu, umur spare part tersebut berbeda-beda setiap alatnya. Ada yang harus diganti secara rutin setiap beberapa waktu sekali namun ada juga yang memiliki umur panjang dan hanya perlu diganti bisa terjadi kerusakan saja. Misalnya spare part arm pada alat berat excavator, yang sebenarnya bisa digunakan selama mungkin tanpa perlu ada pergantian, kecuali kerusakan pada saat pemakaian.


Lalu apa saja faktor-faktor yang dapat memperpendek umur dari spare part alat berat:


  1. Bahan Bahan pembuatan spare part alat berat merupakan salah satu faktor utama yang menentukan umur pemakaiannya. Beberapa bahan lebih rentan terhadap cuaca yang menyebabkan lebih mudah rusak dan harus diganti secara berkala. Misalnya saja bahan karet yang mudah retak pada bagian permukaan dan dalam.

  2. Cara pengoprasian Bagaimana cara kita menggunakan alat berat berpengaruh besar pada umur dari spare part. Bisa saja satu spare part yang seharusnya berumur panjang menjadi lebih pendek dikarenakan pengoprasian yang bisa menyebabkan spare part tersebut rusak dan harus diganti. Padahal spare part tersebut masih memiliki umur yang panjang dan tidak perlu diganti selama masa pemakaian.

  3. Cuaca cuaca juga bisa menjadi salah satu penyebab umur spare part menjadi lebih pendek, misalnya: 1. Cahaya matahari sangat berpengaruh pada umur spare part yang mengadung bahan karet, kertas, dan plastik. Cahaya matahari ini dapat menyebabkan bahan-bahan tersebut menjadi kering dan lebih mudah retak. 2. Air merupakan salah satu penyebab utama karat baik pada permukaan ataupun bagian dalam spare part yang mengandung bahan besi. 3. Debu mungkin terlihat tidak berbahaya, namun bila tidak dibersihkan dan dibiarkan menempel dalam waktu yang lama akan menyebabkan bercak-bercak karat pada spare part. 4. Kelembapan udara yang berlebihan, sama seperti debu, bila dibiarkan terlalu lama juga bisa menyebabkan bercak pada bagian spare part, terutama yang menggunakan bahan besi.

  4. Cairan 1. Minyak seperti pada bahan bakar alat berat, atau minya rem, kemudian oli, dan gemuk bisa menyebabkan kerusakan bila terkena spare part yang mengandung bahan karet, plastik dan kertas. 2. Cairan kimia seperti pada aki dan coolant juga bisa menyebabkan korosi pada spare part terutama yang terbuat dari bahan besi, karet, plastik, dan kertas.

  5. Guncangan Guncangan berlebihan yang terjadi baik pada pengoprasian atau pada proses pengiriman bisa menyebabkan kerusakan, terutama pada spare part elektrik. Meski memang ada banyak faktor yang dapat memperpendek umur spare part, bukan berati hal tersebut tidak bisa dihindari. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penyimpanan dengan benar sehingga dapat menghindarkan spare part dari faktor-faktor tersebut. Selain itu, selalu lakukan pengecekan secara menyeluruh saat melakukan pembelian spare part juga akan memperpanjang umur pemakaian spare part tersebut.

47 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

댓글


bottom of page