top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Fungsi dan Tujuan Penggunaan Excavator


Excavator merupakan salah satu jenis alat berat yang menggunaan tenaga hidrolik dan mesin diesel dalam mengoprasikannya. Diantar jenis alat berat lainnya, jenis ini termasuk yang paling serbaguna karena dapat melakukan pekerjaan yang lebih banyak. Jika kamu bekerja pada bidang konstruksi maka sudah tentu tidak asing lagi dengan mesin yang satu ini.


Berbagai macam excavator dapat kamu gunakan untuk kebutuhan konstruksi maupun industri. Excavator sendiri dikategorikan sesuai dengan ukurannya seperti mini excavator, medium excavator, dan large excavator.


Fungsi Excavator

Fungsi dari mesin ini sendiri sebenarnya sangat banyak namun secara umum fungsinya adalah untuk kebutuhan konstruksi. Kamu bisa membuat maupun mengubah sebuah bidang dan bangunan sesuai dengan kebutuhan


Secara detail, excavator memiliki beberapa fungsi seperti menggali parit, lubang, dan pondasi bangunan hingga menancapkan batang pondasi. Excavator juga seringkali digunakan dalam beberapa sektor industri seperti perkebunan, kehutanan sampai pertambangan. Salah satu sektor pertambangan yang sering menggunakan alat berat ini adalah pertambangan pit terbuka.


Tujuan Penggunaan Excavator

Selain fungsi, kamu juga perlu mengetahui tujuan penggunaan excavator. Hal ini dapat membantu penggunaan mesin ini menjadi lebih maksimal dan sesuai prosedur. Komponen di dalamnya sudah diatur sedemikian rupa sesuai dengan tujuan penggunaannya. Jika dilakukan dengan baik dan benar otomatis komponen tersebut bisa tetap awet dan stabil.


Tujuan penggunaan alat berat ini untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan konstruksi yang tidak dapat diselesaikan dengan alat manual berukuran kecil. Pemindahan meterial dari satu tempat ke tempat lainnya juga dapt dilakukan dengan mudah sehingga bisa jadi lebih efisien dan menghemat waktu.


Tak hanya di bidang konstruksi saja namun beberapa bidang seperti industri pertambangan juga dapat menggunakan alat berat tersebut sehingga tujuan penggunaannya diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang tersebut. Pada bidang tersebut juga sering terdapat jenis pekerjaan berat yang tidak dapat dilakukan secara manual dalam waktu yang terbatas.


Penggunaan alat berat dalam membantu penyelesaian setiap pekerjaan yang berhubungan dengan beberapa bidang khusus. Umumnya pekerjaan tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama jika dikerjakan menggunakan alat berukuran kecil seperti cangkul, linggis, ataupun jenis perkakas lainnya.


Mesin-mesin tersebut disusun menggunakan komponen khusus seperti Bucket, Bucket Cylinder, Arm, Arm Cylinder, Boom, dan masih banyak lagi. Kompenen tersebut memang diperuntukkan khusus bagi mesin excavator seperti ini. Fungsinya ialah membantu proses pemindahan, penggalian, pengerukan, maupun proses penghancuran.


Dengan bantuna mesin hidrolik di dalam alat berat tersebut makan setiap komponen tersebut akan bekerja untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang dimaksud. Manfaat alat berat ini telah terbuktu sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai dibanyak sektor industri dengan lebih efektif dan efisien.

24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Opmerkingen


bottom of page