top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Jenis-Jenis Alat Berat Berserta Fungsi dan Keguanaannya

Diperbarui: 10 Agu 2023


Alat berat merupakan sebuah mesin dengan ukuran besar yang digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas konstruksi seperti pembangun jalan, gedung ataupun pertambangan yang memerlukan sumber daya manusia dan mesin untuk membantu pekerjaan.


Alat berat memiliki jenis yang beragam mulai dari ukuran, bentuk dan fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan. Berikut jenis alat berat berseta fungsi dan kegunaannya.



Jenis-jenis Alat Berat


1. Excavator

jenis alat berat excavator

Excavator merupakan jenis alat berat yang secara umum digunakan untuk melakukan penggalian pada tanah dan memindahkan tanah atau material lainnya ke dalam truck muatan. Excavator sendiri paling sering digunakan pada suatu proyek kerana fungsinya yang beragam. Selain penggunaannya untuk menggali tanah, excavator juga memiliki fungsi lain seperti memidahkan material berat, meratakan tanah, menancapkan batang pondasi, mengeruk sungai, dan banyak lagi.


2. Bulldozer

Jenis alat berat bulldozer

Bulldozer merupakan alat berat yang secara umum digunakan untuk mengolah lahan. Umumnya digunakan untuk mendorong material tanah, hasil galian, baik ke arah depan,samping, ataupun membuat suatu timbunan material. Jenis bulldozer yang ada sekarang cukup bervariasi.


3. Wheel Loader

jenis alat berat wheel loader

Wheel loader merupakan alat yang memiliki fungsi tak terlalu berbeda dengan bulldozer, biasanya digunakan untuk memindahkan meterial atau barang dari suatu alat atau tempat ke alat atau tempat lainnya. Cara kerjanya dengan menggali (melakukan loader). Kemudian bucket akan didorong pada meterial yang nantinya akan diangkat. Jika bucket telah penuh, makan tracktor mundur dan bucket diangkat ke atas untuk nantinya dipindahkan. Selain itu, wheel loader memiliki fungsi lain seperti membersihkan tempat atau lokasi pekerjaan, meratakan timbunan tanah dan mengisinya kembali, menggusur tanah dengan jarak dekat, meratakan permukaan atau menghaluskan permukaan rata dan sebagainya.


4. Wales Stump / Vibro Roller


jenis alat berat wales stump

Stump atau yang biasa juga disebut wales merupakan alat yang digunakan untuk memadatkan permukaan aspal atau tanah, Stump kerap digunakan saat membuat jalan raya. Sebenarnya alat ini bernama vibro roller, akan tetapi di Indonesia lebih dikenal dengan stump.


5. Crane


jenis alat berat crane

Crane memiliki fungsi untuk memindahkan atau mengangkut material dari bawah ke atas atau sebaliknya. Derek jangkung atau crane umumnya digunakan dalam proyek pembangunan gedung. Beragam meterial yang sulit untuk dipindahkan dengan tenaga manusia ke tempat yang tinggi nantinya akan diderek menggunakan crane. Alat ini dapat bergerak mekanis secara horizontal dan vertikal. Ada beberapa jenis crane yang dapat ditemukan di pasaran, mulai dari mobile crane (truck crane), tower crane, hydraulic crane, dan lain-lain.


6. Grader


jenis alat berat grader

Motor grader atau grader merupakan alat berat dengan pisau panjang yang digunakan untuk meratakan permukaan tanah secara mekanis. Tak hanya itu alat ini pun bisa digunakan untuk mencampur tanah, melakukan penggusuran tanah, meratakan tanggul, dan lain-lain. Secara umum grader digunakan untuk tahap akhir, seperti mengatur atau memperbaiki. Biasanya alat ini digunakan pada konstruksi dan pemeliharaan jalan berkerikil dan jalan tanah, atau bisa juga digunakan untuk mempersiapkan landasan dasar pada proyek pembuatan jalan raya sebelum disebarkan lapisan aspal.


7. Scraper


jenis alat berat Scraper

Scraper merupakan jenis alat berat yang banyak digunakan untuk memotong lereng mendungan atau lereng tanggul. Alat berat ini juga bisa digunakan untuk menggali tanah yang berada di antara bangunan beton dan bisa juga digunakan untuk meratakan jalan raya.


8. Diesel Hammer


jenis alat berat Diesel Hammer

Diesel hammer ini sendiri merupakan suatu alat yang digunakan dalam memukul atau memansang tiang pancang ke dalam tanah. Umumnya alat ini digunakan untuk membangun pondasi untuk bangunan bertingkat, jembatan, tower, dermaga, dan lain-lain. Alat ini bekerja dengan mesin uap, dalam menggerakkan hammer, dibagian single atau double acting steam hammer yang dipakai. Hammer yanf dipakai dalam memukul tiang pancang ini sendiri cukup bervariasi, ada yang memiliki model tetap, gantung, dan ada pula yang berputar di bidang vertikal.


Demikian jenis-jenis alat berat beserta fungsi dan kegunaan dari masing-masing alat berat tersebut. Selain itu juga penting untuk melakukan perawatan terhadap unit alat berat yang dimiliki, seperti penggantian spare part alat berat atau suku cadang. Spare part yang ada pun juga harus mendapatkan perawatan agar spare part bisa lebih awet dalam penggunaan mesin alat berat.


Gimana, menarik?


Cocok banget nih buat nambah pengetahuan kamu yang punya minat buat jadi operator. Paling nggak udah tau duluan apa aja sih jenis-jenis alat berat yang ada.


Yuk, baca artikel lainnya di sini. Siapa tau bisa nambah pengetahuan dan wawasan kamu tentang alat berat dan spare part.

1.764 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page