top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Jenis Traktor Bedasarkan Fungsinya


Sebelum kita masuk apa saja jenis traktor yang ada. Let's we start with question "Apa sebenarnya itu traktor?". Umumnya traktor adalah mesin atau alat berat yang digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah pekerjaan manusia terutama di bidang pertanian atau pekebunan. Ya udah jelas buat mempermudah pekerjaan manusia dong kalau engga ya buat apa alat itu ada. Hmm benar juga, oke kita coba lebih bahas lebih jauh kalau gitu.


Menurut Wikipedia, Traktor adalah kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau implemen yang digunakan dalam pertanian, perkebunan atau konstruksi. Gimana, udah cukup?


Kita sering melihat biasanya traktor digunakan untuk membajak sawah. Keberadaan traktor menggantikan proses pembajakan sawah yang dulunya tradisional dengan menggunakan kerbau. Kini, traktor memiliki beragam jenis yang digunakan tidak hanya untuk kepentingan pertanian atau perkebunan.


Jenis-jenis traktor yang ada dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsi dan bentuknya. Yuk langsung aja kita bahas.


1. General Purpose Tractor

Sesuai dengan namanya, general yang berarti umum, sedangkan purpose adalah tujuan/fungsi. Traktor ini merupakan mesin traktor yang dipakai untuk pekerjaan yang bersifat umum. Ciri dari traktor ini memiliki poros roda dimana kedudukannya relatif rendah.


2. Special Purpose Tractor

Kalau yang sebelumnya digunakan untuk pekerjaan yang umum. Jenis traktor yang ini merupakan yang digunakan untuk tujuan khusus. Beberapa contoh traktor yang digunakan untuk tujuan khusus ini antara lain. Traktor pengolahan lahan, traktor pertanian, dan lainnya.


3. Industrial Tractor

Jenis traktor yang satu ini digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan bidang industri. Dan ada juga yang memang digunakan khusus untuk pembangunan.


4. Plantation Tractor

Plantation Tractor merupakan mesih traktor yang digunakan untuk lahan yang memiliki banyak tanaman. Dengan menggunakan traktro ini akan lebih mudah untuk melewati daerah lahan tanpa harus mengganggu atau sampai merusak tanaman. Traktor ini juga merupakan jenis traktor yang digunakan untuk lahan yang memiliki sudut kemiringan tinggi. Hal itu dikarenakan jenis traktor yang memiliki konstruksi pusat yang rendah.


5. Garden Tractor

Kalau kamu butuh alat atau mesin untuk bantu kamu menyelesaikan pekerjaan taman traktor yang satu ini jawabannya. Jenis traktor ini memang diperuntukan untuk kebutuhan rumah atau kebun kecil. Sesuai dengan namanya garden tractor biasanya digunakan untuk keperluan perkebunan. Jenis traktor ini di pakai untuk pekerjaan yang bersifat ringan.


Yup, jadi itu tadi adalah beberapa jenis traktor yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Setiap traktor memiliki fungsinya masing-masing dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu memerlukan sebuah traktor untuk membantu kamu menyelesaikan pekerjaan, pastikan kamu memilih traktor yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya yaa.

139 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page