top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Jenis Traktor Berdasarkan Bentuknya



Kita sering melihat atau tau traktor digunakan untuk aktifitas pertanian dan perkebunan. Namun, fungsi dari sebuah traktor tentunya tidak hanya pada dua sektor tadi. Berkembangnya penerapan teknologi juga dimanfaatkan dan diimplementasikan pada traktor.


Fungsi dari traktor pun menjadi sangat beragam dan dapat digunakan pada sektor industri lainnya. Jenis traktor bisa dibagi berdasarkan fungsi dan bentuknya. Kali ini kita akan membahas jenis-jenis traktor berdasarkan bentuknya. Sedangkan, jenis traktor berdasarkan fungsinya bisa kamu baca di sini.


Jenis-jenis traktor berdasarkan bentuknya


1. Traktor Tangan



Memiliki tenaga yang relatif kecil yaitu kurang dari 12 HP. Jenis traktor ini memiliki satu axe atau poros roda berjumlah dua. Jenis traktor ini biasanya digunakan petani untuk keperluan membajak sawah sebagai pengganti tenaga kerbau. Traktor ini dioperasikan oleh seorang operator yang berdiri sambil memegang setang kendali di belakang tersebut.


2. Traktor Roda Tunggal



Pada jenis traktor ini daya mesin hanya akan disalurkan pada satu roda sehingga memerlukan adanya titik tumpu yang digunakan sebagai poros keseimbangan. Salah satu contohnya adalah dengan menambah alat tambahan.


3. Mini Traktor



Mini traktor merupakan jenis traktor yang dilengkapi dengan dua buah poros dan empat roda. Sesuai dengan namanya, traktor ini mempunyai ukuran yang kecil. Traktor ini juga memiliki bobot yang relatif ringan dan menggunakan mesin dua silinder atau lebih. Traktor ini memiliki tenaga kurang lebih 13- 40 HP dengan 6 percepatan maju dan 2 percepatan mundur.


4. Traktor Besar



Sama seperti traktor mini traktor besar juga memiliki dua prors dan empat roda. Perbedaannya yang paling terlihat ada pada ukurannya yang lebih besar dari pada traktor mini. Traktor ini memiliki tenaga kurang lebih 45 HP. Namun, traktor ini diklaim memiliki kemampuan yang tidak begitu efektif karena petakan sawah yang bentuknya relatif kecil.

348 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page