top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Berikut Komponen Utama Excavator dan Fungsinya

Setiap alat, mesin, atau apapun itu bentuknya pasti terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Bahkan tubuh manusia juga memiliki rangkaian organ dan bagian tubuh agar dapat bekerja dengan baik.


Sama halnya dengan excavator, excavator juga memiliki serangkaian komponen untuk mendukung dan menjalankan fungsinya dengan baik. Dari sekian banyak komponen yang ada pada excavator, setidaknya ada enam komponen utama yang menjadi penyokong kinerjanya.



Komponen Excavator


Excavator memang adalah salah satu alat berat yang paling populer. Fungsinya yang banyak dan cukup multifungsi menjadikan alat berat yang satu ini sangat diminati. Tapi tentu, setiap alat berat memiliki komponen yang berfungsi untuk menjalankan pekerjaannya. Berikut komponen utama excavator:


1. Kabin


Sama seperti kabin lainnya, di sini adalah tempat di mana ruang kontrol berada dan tempat dari operator untuk mengoperasikan alat berat. Di dalam kabin terdapat berbagai macam tools yang digunakan untuk mengedalikan komponen lain dari excavator.


2. Roda atau Track


Roda atau track excavator adalah komponen yang digunakan untuk menggerakkan excavator. Roda excavator biasanya digunakan pada excavator yang bergerak di permukaan tanah yang rata, sedangkan track excavator digunakan pada excavator yang bergerak di permukaan tanah yang tidak rata. Roda atau track berperan penting dalam mobilisasi alat berat untuk bergerak.


3. Lengan


digunakan untuk menggali dan mengangkat material. Lengan excavator biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu boom, stick, dan bucket. Ke tiga komponen ini saling bergantung satu sama lain untuk menjalankan fungsinya.


4. Bucket


Seperti yang disebutkan tadi, bucket tidak akan dapat bekerja sendiri tanpa bantuan dari komponen lain. Namun, secara fungsi bucket digunakan untuk mengumpulkan material yang telah digali.


Ada beberapa jenis bucket yang digunakan dalam excavator diantaranya ripper bucket, rock bucket, slope bucket, dan clamshell bucket. Penggunaan dan pemilihan bucket excavator ini biasanya tergantung pada jenis pekerjaan dan material yang digarap oleh excavator yang bersangkutan.


5. Sistem hidrolik


Setiap gerakan dari komponen yang ada pada excavator digerakkan dengan menggunakan tenaga hidrolik. Sistem hidrolik menggunakan tekanan dari fluida untuk menggerakkan piston yang terdapat didalam silinder sehingga diubah menjadi gerakan.


6. Engine


Tentu saja, apapun alat yang digunakan tidak akan dapat digunakan jika tidak memiliki mesin. Mesin menjadi sumber tenaga utama dari alat berat, tidak terkecuali excavator. Sedikit berbeda dari mesin lainnya, kebanyakan alat berat menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaga penggerak.



Setiap komponen tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa bantuan komponen lainnya. Selain komponen utama di atas, sebuah unit excavator memiliki banyak sekali komponen lainnya yang saling berhubungan.


Gimana, menarik? Selain bisa tahu apa aja komponen utama yang ada di excavator, kamu juga bisa tambah pengetahuan kamu soal alat berat dan spare part dengan baca artikel kita yang lain. Klik di sini ya, gratiss kok!

2.404 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page