top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Macam Alat Berat Untuk Konstruksi Bangunan

Dalam bidang konstruksi, alat berat digunakan untuk memudahkan manusia mengerjakan pekerjaan sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah dan dalam waktu yang relatif lebih cepat.


Namun, penggunaan alat berat yang kurang tepat atau tidak sesuai kondisi dan situasi di lapangan akan mengakibatkan rendahnya produktifitas dan dapat mengakibatkan terget yang ditentukan bisa tidak tercapai sesuai jadwal, atau bisa juga terjadi kerugian akibat perbaikan yang tidak semestrinya terjadi. Oleh karena itu, sebelum menentukan tipe dan jumlah peralatan yang hendak digunakan, ada baiknya memahami jenis alat berat dan fungsinya terlebih dahulu untuk konstruksi.


Jenis-Jenis Alat Berat dan Fungsi Untuk Konstruksi


Dozer (Loader)

Dozer atau Loader adalah alat yang umum dipakai pada proyek konstruksi untuk melakukan penggalian atau untuk menimbun material. Pada bagian dozer terdapat bucket sehingga alat ini juga disebut front end dozer. Ada 2 jenis tipe dozer antara lain, menggunakan roda kelabang (Crawler Tractor Dozer) dan Bulldozer yang menggunakan roda karet (Wheel Tractor Dozer).


Excavator

Pemilihan excavator haruslah mempertimbangkan kemampuan alat tersebut pada kondisi lapangan tertentu. Perbedaan utama berbagai jenis excavator terletak pada penggalinya yang berada di bagian depan, tetapi semuanya memiliki alat penggerak yaitu roda ban atau crawler. Excavator yang menggunakan crawler umumnya dipilih jika alat tersebut akan digunakan pada permukaan kasar atau kurang padat. Selain itu juga karena alat tersebut dalam pengoperasiannya tidak perlu melakukan banyak perpindahan tempat.


Alat Pengangkut (Truck)

Fungsi pengankut sudah jelas dari namanya pasti untuk mengangkut sesuatu dari suatu tempat ke tempat lain. Namun dalam hal ini truck akan digunakan mengangkut material seperti tanah, pasir, batuan untuk proyek konstruksi. Pemilihan truck tergantu pada kondisi lapangan, volume meterial, waktu dan biaya. Besar kapasitas truck pun juga bergantung pada waktu yang dibutuhkan untuk memuat material ke dalam truck berbanding waktu angkut truck. Pada umumnya besar kapasitas truck yang dipilih adalah empat sampai lima kapasitas alat gali yang memasukkan material ke dalam truck. Penggunaan truck yang terlalu besar sangat tidak ekonomis, kecuali jika sebanding dengan volume meterial yang akan diangkut.


Crane


Alat pengangkut lain yang juga biasa digunakan di dalam proyek konstruksi adalah crane. Cara kerja crane sendiri adalah dengan mengangkat material yang akan dipindahkan, memindahkan secara vertikal/horizontal, kemudian menurunkan material di tempat yang diinginkan. Crane mempunyai beberapa tipe yang dalam pengoperasiannya, dipilih sesuai dengan kondisi suatu proyek.


Motor Grader


Motor grader merupakan alat yang digunakan untuk meratakan permukaan tanah yang dikehendaki. Selain itu kegunaan motor grader juga cukup beragam seperti:

  • Grading (perataan permukaan tanah)

  • Shaping (pemotongan untuk mendapatkan bentuk tanah))

  • Scarifiying (pengerukan untuk pembuatan saluran)

  • Ditching (pemotongan untuk pembuatan saluran)

  • Mixing and spreading (mencampur dan menghampar material di lapangan)

Compactor


Compactor sering juga disebut sebagai alat pemadat. Compactor adalah alat yang digunakan untuk memadatkan tanah yang sebenarnya merupakan upaya mengatur kembali susunan butiran tanah agar menjadi lebih rapat dan padat. Ada pun jenis-jenis compactor segai berikut:

  • Three wheel roller (mesin gilas tiga roda)

  • Tandem roller (mesin gilas roda dua atau tandem)

  • Sheepfoot type roller (mesin gilas tiga roda besi dengan permukaan seperti kaki kambing)

  • Pneumatic tire roller (mesin gilas dengan roda ban karet)

  • Scoil compactor (pemadat aspal)

  • Landfill compactor

Jadi itu adalah macam-macam alat berat yang digunakan dalam proyek konstruksi. Selain alat berat yang sudah dijelaskan di atas apa masih ada lagi alat berat yang biasa digunakan pada proyek konstruksi

14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page