top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Mengenal Excavator Amphibious Yang Bisa Beroperasi Di Air


Pernah melihat ada alat berat yang berjalan di atas air? Yap, bener banget alat berat yang satu ini bisa dioperasikan di atas air. Excavator Amphibious atau sering disebut excavator amphibi, sesuai dengan namanya excavator ini dapat beroperasi di darat dan juga di air.


Excavator amphibi merupakan jenis alat berat serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai medan pekerjaan mulai dari rawa, sungai, daratan dangkal, dan medan basah lainnya. Excavator jenis ini dapat beroperasi di atas air karena memiliki ponton yang tersegel sehingga dapat mengapung pada perairan dangkal. Excavator ini bekerja menggunakan sistem track drive hidrolik langsung dan sepenuhnya merupakan self-propelled.


Jika menggunakan alat excavator biasa, akan lebih banyak biaya overhead yang harus kerlua saat proyek infrastruktur pengerjaannya di lahan basah. Mulai dari membangun jalan hingga membawa tongkang melalui kanal. Sehingga excavator amphibi adalah solusi untuk proyek di lahan basah.


Lalu bagaimana excavator amphibi bisa mengapung? Normalnya alat berat kebanyakan dioperasikan di darat pada komponen undercarriage menjadi kunci yang dapat memberikan daya apung dan kemampuan untuk bekerja di lingkungan basah karena terpasang pada excavator yang digunakan untuk mengeruk di area berair atau biasanya di sungai. Dengan undercarriage ini, pekerjaan konstruksi tidak memerlukan lagi konstruksi tambahan lainnya.


Dengan alat ini, makanya proses pekerjaan konstruksi bisa lebih efisien dari segi biaya dan lebih cepat selesai. Biasanya karena tidak memerlukan lagi kanal-kanal konstruksi baru demi bisa membuat sebuah excavator bisa melewati lahan basah karena sudah tergantikan oleh undercarriage excavator amphibi.


Excavator amphibi memiliki fitur utama ponton tertutup yang memberikan daya apung alat berat ini saat berada di lahan basah atau yang sering kita lihat di sungai. Saat tidak ada lahan kering yang bisa menopang excavator, maka terdapat opsi untuk memasang spuds vertical pada alat tersebut.


Sistem penggerak yang ada alat ini merupakan hidrolik multi-sinkron dengan rantai lintasan yang dapat membantu proses pengapungan dan memberikan tingkat efisiensi traksi yang tinggi. Oleh karena itu, alat berat excavator amphibi tetap stabil berada di atas lahan yang basah.


Excavator jenis ini juga memiliki kemampuan untuk memasang berbagai peralatan tambahan yang berbeda-beda seperti pompa pengeruk excavator. Kini, berbagai jenis proyek industri di berbagai jenis medan bisa cepat selesai dengan sangat mudah menggunakan alat ini.

373 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page