top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Mengenal Motor Grader Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Diperbarui: 31 Okt 2022


Tentunya udah banyak dari kita yang tahu sama alat berat motor grader terutama orang-orang yang bekerja di bidang konstruksi, dan pertambangan. Sepertinya alat ini menjadi salah satu alat wajib yang harus ada dalam pembuatan jalan. Bisa seperti jalan umum atau jalur transportasi pertambangan.


Motor grader adalah alat berat yang digunakan untuk meratakan jalan. Alat ini dilengkapi dengan pisau panjang yang berfungsi dalam proses meratakan jalan. Secara umum, motor grader memiliki roda karet sebagai media untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Rentang kapasitas pisau motor grader mulai dari 2.50 sampai dengan 7.30 mm dari total kapasitas nya yang mencapai 97 sampai 373 KW atau 125 sampai 500 HP.


Fungsi Motor Grader

Beberapa motor grader sekarang sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk mengoperasikan alat berat tambahan yang lain. Biasanya digunakan untuk membantu proyek pekerjaan bawah tanah seperti pertambangan. Selain itu, alat berat yang satu ini juga sering digunakan dalam pemerataan dan pemeliharaan jalan tanah yang berkerikil.


Lalu jika penggunaan grader pada tanah apakah bisa digunakan pada jalan yang beraspal? Yup jawabannya bisa, motor grader dapat dipakai dalam menyiapkan landasan. Dengan begitu, permukaan datar yang ada pada aspal dapat dilapisi. Fungsi lainnya dari motor grader untuk membentuk landasan dari pondasi tanah. Selain itu motor grader juga digunakan untuk membuat parit dan meratakan permukaan miring pada tanah.


Komponen Motor Grader

Lalu apa saja komponen yang terdapat pada motor grader?

  • Blade lift cylinder

  • Blade

  • Rear wheel

  • Drawbar lift cylinder

  • Articulate cylinder

  • Ripper

  • Cap

  • Head lamp

  • Front wheel

Komponen yang Digunakan Pada Motor Grader

Selain yang telah disebutkan diatas, berikut adalah beberapa komponen yang digunakan pada motor grader:


  1. Front Blade Front blade adalah salah satu perlengkapan yang selalu dibutuhkan. Komponen yang satu ini kerap dimanfaatkan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan penaburan atau spreading. Sesuai dengan namanya, front blade letaknya berada pada bagian depan.

  2. Front Pull Hook Tidak jauh berbeda dengan front blade, komponen yang satu ini juga diletakkan pada bagian depan. Front Pull Hook berfungsi untuk menarik. Komponen ini dibagi menjadi dua jenis yaitu, Ushape bracket welded on front axle dan front weight with nails.

  3. Push Plate Komponen yang ketiga adalah push plate. Komponen ini digunakan untuk merobohkan atau mendorok pohon pada saat kondisi terjebak lumpur, Push plate juga dipakai sebagai pemberat atau counterweight. Dengan begitu, roda bagian depan tidak sampai terangkat pada saat Motor Grader digunakan dalam menjalankan tugasnya.

  4. Scarifer Scarifer adalah komponen ang digunakan untuk keperluan menggali materal seperti lapisan es dan aslpal yang tidak dapat digali dengan menggunakan blade. Scarifer dilengkapi dengan gigi dimana jumlah gigi tersebut akan menyesuaikan dengan seberapa keras material yang akan digali.

  5. Extension Blade Seperti namanya, kamu bisa memanjangkan blade disalah satu sisi ataupun keduanya. Hasilnya pekerjaan yang dilakukan akan lebih efisien dengan blade yang lebih panjang. Namun perlu diingat kamu hanya boleh menggunakannya untuk menjalankan pekerjaan yang ringan.

  6. Hydraulic Blade Tip Control Dengan menggunakan komponen yangsatu ini, maka sudut potong pada blade dapat diatur secara hidrolik. Cara pemotongannya akan diatur melalui kabin.

  7. Rear Mounted Ripper Komponen satu ini digunakan untuk menggali batu. Bagian ini juga digunakan untuk menggali material yang keras yang tidak bisa dilakukan scarifer. Jadi, baik scarifer maupun rear mounted ripper akan saling berganti tugas dengan menyesuaikan seberapa keras material yang akan digali.

Cara Kerja Motor Grader

Setelah mengetahui dan memahami tentang motor grader mulai dari definisi, fungsi, dan komponen yang terdapat pada motor grader. Lalu bagaimana cara kerja motor grader itu sendiri?


Untuk menjalankan tugasnya, motor grader akan digerakkan maju dan mundur berkali-kali sampai di rasa tanah yang diratakan benar-benar sesuai yang diinginkan Graderr bekerja dengan mendorong bidang menggunakan pisau yang berukuran besar dan tajam. Ketika motor grader digerakkan maju, maka pisau akan diturunkan. Kemudian ketika bergerak mundur pisau akan terangkat dan begitu seterusnya. Pisau tersebut terletak di antara hirolik yang bekerja dengan memutar dan juga mengangkat.

480 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page