top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Motor Grader: Apa Itu, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apakah kamu pernah mendengar, melihat atau bahkan mengoperasikan alat berat motor grader? Motor grader adalah salah satu alat berat yang cukup sering digunakan dalam pekerjaan konstruksi atau pertambangan.


Untuk mengetahui lebih dalam apa itu motor grader, fungsi dan cara kerjanya simak baik-baik ulasan Surya Metalindo berikut ini, ya!


Apa Itu Motor Grader


Motor grader atau sering disebut grader adalah alat berat yang digunakan untuk meratakan tanah dengan menggunakan pisau berukuran panjang yang terpasang di bagian bawah unit.


Tidak seperti excavator atau bulldozer yang menggunakan roda rantai, grader menggunakan roda karet untuk mobilisasinya.


Ciri khas dari motor grader adalah mempunyai tiga poros sumbu, dengan taxi dan mesin yang diletakkan di atas poros belakang dari kendaraan dan dengan mata pisau ditengahnya.


Motor grader biasanya digunakan dalam pemeliharaan bangunan jalan raya dan jalan tak beraspal untuk disiapkan bagian dasar untuk menciptakan suatu permukaan datar lebar untuk aspal serta kegunaan lainnya.



Fungsi Motor Grader


Seperti yang disebut tadi motor grader, juga dikenal sebagai grader, adalah jenis alat berat yang dirancang khusus untuk pekerjaan pemadatan dan perataan permukaan tanah. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari motor grader:


1. Perataan Permukaan


Fungsi utama dari motor grader adalah melakukan perataan permukaan tanah dengan presisi tinggi. Alat ini dapat menghilangkan ketidakrataan, mengisi lubang, dan meratakan permukaan tanah dengan menggunakan bilah yang terletak di bagian tengahnya. Motor grader mampu meningkatkan tingkat akurasi dan kualitas permukaan tanah untuk berbagai proyek konstruksi seperti pembangunan jalan, landasan pacu, dan area parkir.


2. Pemadatan Tanah


Selain perataan, motor grader juga dapat digunakan untuk pemadatan tanah. Motor grader dilengkapi dengan roda penggilas atau pisau penggilas di bagian belakangnya yang dapat digunakan untuk memadatkan tanah. Proses pemadatan ini membantu menciptakan permukaan yang lebih padat, stabil, dan kokoh untuk berbagai proyek konstruksi.


3. Pembersihan dan Pemotongan Material


Motor grader juga memiliki fungsi untuk membersihkan permukaan tanah dari material yang tidak diinginkan, seperti bebatuan, puing, dan limbah konstruksi lainnya. Selain itu, alat ini juga dapat melakukan pemotongan material dengan presisi, memungkinkan pengaturan ketinggian tanah yang tepat sesuai dengan kebutuhan proyek.


4. Pembentukan Drainase


Motor grader dapat digunakan untuk membentuk sistem drainase yang efektif dalam proyek konstruksi. Alat ini mampu meratakan permukaan tanah dengan kemiringan yang diinginkan, sehingga air dapat mengalir dengan baik dan menghindari terjadinya genangan atau erosi yang dapat merusak struktur konstruksi.


5. Pembuatan Saluran Air dan Parit


Fungsi lain dari motor grader adalah pembuatan saluran air dan parit. Dengan kemampuan blade yang dapat digerakkan secara fleksibel, motor grader dapat membentuk saluran air yang optimal dan parit untuk mengatur aliran air di area konstruksi.



Cara Kerja Motor Grader


Untuk menjalankan fungsinya motor grader bergerak amu dan mundur berakali-kali sampai di rasa tanah yang diratakan benar-benar sesuai yang diinginkan.


Grader bekerja dengan mendorong bidang atau tanah menggunakan pisau besar dibawahnya.


Ketika motor grader digerakkan maju, maka pisau akan diturunkan dan sebaliknya.


Pisau besar tersebut digerakkan dengan menggunakan tenaga hidrolik yang dikirimkan dari pompa ke pisau sehingga dapat bergerak naik dan turun.


Itu tadi adalah sedikit penjelasan mengenai motor grader.


Semoga dapat bermanfaat buat kamu yang membancanya.


Selain artikel ini, kamu juga bisa membaca artikel-artikel lainnya mengenai alat berat dan spare part di sini.

1.070 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page