top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Perawatan dan Pemeliharaan Alat Berat


Tentu pada dasarnya kita telah tahu apa itu alat berat. Alat berat adalah mesin berukuran besar yang dirancang untuk membantu pekerjaan manusia dalam berbagai perkerjaan seperti konstruksi, pertambangan, ataupun pertanian dll.


Namun kadang kurangnya perawatan dan pemeliharaan terhadap alat berat menjadikan pekerjaan yang dilakukan tidak optimal dan menimbulkan kerugian. Bahkan kadang bisa sampai menimbulkan resiko kecelakaan dalam bekerja. Oleh karena itu, agar alat berat dapat selalu bekerja secara optimal, diperlukan perawatan yang rutin.


Alat berat sendiri merupakan sebuah mesin yang bisa dibilang tidak murah, hal tersebut biasanya menyangkut nilai besar bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu perlu pengelolaan aset perusahaan sehingga alat berat yang digunakan dapat menghasilkan keuntungan maksimal.


Tujuan Perawatan dan Pemeliharaan Alat Berat


Tujuan dari suatu perusahaan melakukan perawatan alat berat yaitu untuk menjaga kondisi dan kerja alat berat tersebut supaya prima sesuai dengan spesifikasi dan kegunaannya seperti berikut:

  • Agar dapat bekerja dengan efektif dan efisien.

  • Mengurangi kerusakan yang akan terjadi.

  • Kesiapan alat berat untuk dioperasikan.

  • Biaya operational yang relatif rendah.

  • Memperpanjang usia alat berat.

  • Keamanan kerja lebih terjamin.

Perawatan yang baik akan meningkatkan target produksi yang ingin dicapai dan mendukung diperolehnya keuntungan dengan biaya rendah.


Merawat dan Memelihara Alat Berat


Bagi seorang mekanik tentunya sudah paham mengenai perawatan dan pemeliharaan alat berat, dikarenakan sudah merupakan tugas dan tanggung jawab seorang mekanik alat berat untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan. Berikut beberapa cara, langkah dan jenis perawatan alat berat:


1. Preventive Maintenance


Preventive maintenance sendiri adalah melakukan pengecekan alat berat sebelum dan sesudah dipergunakan. Perawatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan muncul gangguan atau kerusakan pada mesin tanpa perlu menunggu adanya tanda-tanda kerusakan. Sebelum alat berat dipergunakan sebaiknya mengecek atau berat terlebih dahulu seperti bahan bakar secara rutin.


2. Periodic Maintenance


Perawatan berkala dilakukan sebagai usaha untuk mencegah timbulnya kerusakan yang dilakukan secara berkelanjutan dengan interval pelaksanaan yang telah ditentukan berdasarkan hour meter (HM).


Perawatan bisa dilakukan setiap hari atau setiap minggu, biasanya berupa pemeriksaan kecukupan bahan bakar, air radiator, oli mesin sebelum dinyalakan, pemeriksaan fungsi hidrolik dan pemeriksaan baterai beserta kabelnya. Pelaksanaannya bisa dilakukan sendiri atau pihak lain (vendor) dengan memeriksa kondisi unit, mengganti pelumas dan mengganti spare part alat berat, meliputi:

  • Inspeksi Berkala Pemeriksaan atau inspeksi harian sebelum unit dioperasikan dan pemeriksaan mingguan untuk mengetahui keamanan keadaan mesin. Waktu yang tepat memeriksa alat berat yaitu pagi hari sebelum mengoperasikan alat berat dan penting juga setelah selesai menggunakan alat berat harus dibersihkan.

  • Perawatan Berkala Perawatan mesin atau unit yang teratur demi menjamin pengoperasian yang bebas dari kerusakan dan memperpanjang umur dari unit serta berkurangnya onkos operasi unit. Semua angka yang menunjukkan jumlah jam kerja terletak pada keterangan yang tertera pada check sheet didasarkan pada angka yang dilihat dalam service meter. Pada kondisi di lapangan saat beroperasi perlu mempersingkat jadwal waktu perawatan yang telah ditentukan.

3. Overhaul Maintenance


Perawatan yang dilakukan dengan interval tertentu sesuai dengan standar overhaul terhadap masing-masing komponen, merekondisi mesin atau komponen agar kembali ke kondisi standar pabrik. Dimana perawatan yang dilakukan untuk mengembalikan performa mesin kembali ke kondisi standar pabrik, juga memberikan usia kedua pada mesin dengan melakukan penggantian atau pemakaian ulang kompoen sesuai petunjuk pemakaian menurut standar pabruk, hal ini dapat mencegah terjadinya kerusakan, berikut macam-macam overhaul, yaitu:

  • Engine overhaul

  • Transmission overhaul

  • Final drive overhaul

  • General overhaul

4. Condition Bade Maintenance


Perawatan alat berat yang bertujuan mengembalikan kondisi unit seperti semua dengan cara service seperti PPM, PPU yang hasil pengukuran disesuaikan dengan standar terbaru (service news dan modification program).


Jenis perawatan yang dilakukan sesuai dengan kondisi mesin, hanya ketika ada indikator kerusakan pada mesin, baik kerusakan berat maupun ringan, perawatan dilakukan pada saat telah ditemukan kerusakan yang terjadi, bukan sebelumnya.



587 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Komentáře


bottom of page