top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Perawatan dan Pemeliharaan Alat Berat


Penggunaan alat berat yang digunakan secara terus menerus tentunya memerlukan perawatan. Perawatan dan pemeliharaan adalah salah satu langkah tepat untuk mencegah berbagai peluang kerusakan mesin, akibat kesalahan teknis dari pengguna maupun komponen yang sudah tidak layak digunakan.


Alat berat digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang tidak bisa dilakukan dengan tenaga manusia. Namun, alat berat merupakan investasi yang dikatakan tidak murah, hal tersebut menyangkut nilai besar bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu perlu pengelolaan aset perusahaan sehingga alat yang diinvestasikan dapat menghasilkan keuntungan maksimal.


Pentingnya Perawatan Alat Berat


Masih banyak hingga kini tidak sedikit pengguna yang masih menyepelekan seberapa penting melakuakan perawatan alat berat. Pentingnya perawatan alat berat tidak terlepas dari.

  • Alat berat dapat beroperasi dengan efektif dan efisien

  • Dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi

  • Kesiapan dalam mengoperasikan alat berat yang tinggi

  • Biaya operasional mesin yang relatif rendah

  • Memperpanjang usia alat berat

  • Keamanan kerja lebih terjamin sehingga mencegah kecelakaan kerja

  • Harga alat berat bekas mempunyai nilai tinggi

Merawat dan Memelihara Alat Berat


Bagi seorang mekanik alat berat pasti sudah paham mengenai perawatan dan pemeliharaan alat berat. Berikut beberapa cara, langkah dan jenis perawatan dan pemeliharaan alat berat yang baik dan benar, yaitu:


1. Pemeriksaan sebelum dioperasikan

Sebelum alat berat dioperasikan, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan seperti melakukan pengecekan bahan bakar, kondisi komponen, kelayakan suku cadang. Selain untuk menghindari resiko pekerjaan yang terhenti akibat alat berat yang mengalami kerusakan. Pemeriksaan juga sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan pengguna dan area sekitarnya.


2. Perawatan berkala

Seiring dengan penggunaan alat berat yang terus-menerus, sudah semestinya dilakukan perawatan berkala seperti membersihkan mesin, mengganti oli dan suku cadang yang biasanya berdasarkan HM (Hour Meter). Hal ini dapat memperpanjang usia dari alat berat itu sendiri.


3. Jadwal overhaul

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui apa itu overhaul. Umumnya, kegiatan overhaul meliputi pengkondisian ulang terhadap spare part dan komponen alat berat agar tetap sesuai standar agar performa alat berat tetap pada kondisi standar pabrik seperti semua.


4. Condition base maintanance

Condition base maintanance juga perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi unit seperti semua atau standar pabrik dengan cara service seperti PPM, PPU yang hasil pengukuran disesuaikan dengan standar terbaru.


Selain CBM, juga diperlukan untuk melakukan pengurangan downtiome unit agar menjaga kinerja alat berat mesin tetap stabil dan optimal meskipun sudah berumur.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan dan memelihara alat berat. Tentunya kamu sebagai pemilik alat berat tidak ingin mengalami kerugian karena alat berat yang tidak beroperasi karena mengalami kerusakan.

51 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page