top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

PT. Pindad Perusahaan Alat Berat Buatan Indonesia


Sepertinya masih banyak orang yang tidak tahu kalau sebenarnya Indonesia memiliki alat berat yang diproduksi di dalam negeri. Kebanyakan orang dan pelaku industri konstruksi, infrastruktur dan pertambangan lebih banyak mengenal dan menggunakan alat berat buatan luar negeri. Nyatanya Indonesia juga mempunyai perusahaan yang memproduksi alat berat dan sudah diakui dunia yaitu PT. Pindad (Persero)


PT. Pindad adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyediakan produk dan jasa dalam kebutuhan industri konstruksi, pertambangan dan lainnya. PT. Pindad resmi diubah menjadi persero pada awal tahun 1983. Pada tanggal 12 Januari 2022 pemerintah Indonesia resmi menyerahkan mayoritas saham perusahaan PT. Pindad ke Len Industri, sebagai bagian dari usah dalam membentuk holding BUMN di bidang industri pertahanan.


Dalam rangka mendukung industri konstruksi dan pertamabangan, PT. Pindad (Persero) menyediakan produk dan jasa pendukung seperti produk alat berat berupa excavator dan jasa permesinan. Produk alat berat pertama yang berhasil diciptakan adalah axcavator 200 dengan kapasitas beban 20 Ton. Produk ini diciptakan tidak lepas dari transpormasi kompetensi pada produk pertahanan yaitu sistem hidrolik dan roda rantai.


Setelahnya PT. Pindad (Persero) terus memproduksi jenis alat berat lainnya untuk kebutuhan konstruksi dan pertambangan. Tidak berhenti di sana, PT. Pindad (Persero) pada jasa permesinian didukung dengan fasilitas mesin bubut horizontal berkapasitas sampai 6 meter, bubut vertikal dengan diameter 3 meter, double column, milling machine, dengan kapasitas 2x4 meter yang dioperasikan secara komputerisasi.


Alat berat dan mesin buatan PT. Pindad (Persero)

1. Stungta x Pindad Incinerator

Produk satu ini adalah mesin untuk penanganan sampah yang ramah lingkungan. Kelebihan produk ini adalah proses pembakaran sampah yang tidak akan menghasilkan asap dan zat berbahaya. Hal ini dikarenakan telah melewati pembakaran yang sempurna (double burner), filter dan treament asap. Melalui susu ruang 8000 - 12000 Celcius, dapat memusnahkan hampir seluruh jenis sampah kering dan basah, bahkan diminimalisasi kurang lebih 5% dari volume awal sampah. Dengan ukuran kecil produk ini dapat dimobilisasi dengan praktis, sehingga dapat ditempatkan di berbagai lokasi.


2. Motor Traksi

Mesin listrik yang diproduksi dengan tujuan untuk memenuhi pesanan PT INKA (Industri Kereta Api) untuk proyek KRL (Kereta Rel Listrik)


3. Paddy Dryer

Mesin yang satu ini adalah mesin yang dibuat untuk sektor pertanian. Mesin paddy dryer atau yang biasa disebut sebagai mesin pengering biji-bijian. Tipe sirkulasi merek Pindad model PDR-10 merupakan mesin yang mempunyai fungsi menurunkan kadar air biji-bijian atau kadar air tertentu.


4. Tractor Roda Empat PTM-45

Mesin ini adalah tipe traktor poros ganda yang mempunyai fungsi untuk mengolah lahan dengan bajak piringan maupun ratari sebagai implementasinya.


5. Combine Harvester

Mesin ini mempunyai fungsi dan kelebihan seperti:

  • Mampu memanen jagung atau padi, yang sekaligus memasukkan hasil panen ke dalam karung.

  • Mesin permanen multi komoditas (multicorps combine harvester).

  • Menggunakan roda crawler dan karet yang bisa digunakan pada lahan agak basah ataupun kering.

6. Rota Tanam

Rota tanam memiliki fungsi untuk mengolah lahan sekaligus juga mencacah sisa jerami padi, jagung, dan gulma yang dicampur dengan tanah. Hal itu bisa meningkatkan kandungan bahan organik dalam tanah. Mesin ini dilengkapi juga dengan penyemprot decomposer.


7. Excava 55

Varian excavator kelas mini yang dikembangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan operasi alat berat di kondisi yang dibutuhkan kelincahan bermanuver di tempat sempit dan terbatas. Walaupun terbilang kecil, Excava 55 sudah dilengkapi dengan tenaga sebesar 48.3 HP hasil dari mesin diesel 4 silinder.


8. Excava 200

Excava 200 merupakan kompetisi produk dengan sistem hidrolik pada kendaraan khusus jenis recovery dan kompetisi roda rantai. Excava 200 hemat bahan bakar, mempunyai daya tampung 20 ton dan dapat masuk ke medan yang cukup dalam. Bucket Excava 200 dapat diganti menjadi hidrolik breaker.


9. Excava 200 Long Arm

Excava 200 Long Arm adalah hasil pengembangan dengan kostumisasi penggunaan arm yang lebih pandang dari excava 200 standar. Mesin ini mempunyai fungsi agar bisa mencapai daya jangkau swing arm yang lebih jauh. Jadi dapat memindahkan material bucket lebih luas dalam jangkauan operasionalnya.


10. Excava 200 Amphibious

Excava 200 Amphibious adalah alat berat dengan varian amfibius berkelas 20 ton. Mendapat dukung instalasi pontoon, Excavator tipe ini bisa mengerjakaan pengerukan dalam posisi terapung pada perairan dangkal seperti sungai, rawa, dan lainnya.


11. Generator

Dalam mendukung industri ketenagalistrikan dan sistem transportasi nasional PT. Pindad memproduksi generator dan motor listrik.


12. Telehndler

Mesin ini dilengkapi dengan lengan teleskopik yang sangat kuat dan handal, mempunyai kemampuan dalam mengankat barang dengan bobot sampai 4 ton. Selain itu mesin ini mampu juga memberikan jangkauan operasi yang luas.

393 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page