top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Siapa Operator Alat Berat dan Apa Saja Tugasnya?


Operator alat berat adalah orang yang mempunyai keterampilan dan keahlian khusu dalam mengoperasikan alat berat. Seseorang yang berkerja sebagai operator alat berat tentunya harus memiliki keahlian khusus dan bukan hanya menjalankan atau mengoperasikan alat berat tersebut melainkan dapat mengoperasikan semua fitur atau toolsnya.


Saat ini, semakin banyaknya penggunaan alat berat dalam industri mau pun jasa. karena itu, seorang operator harus memiliki kemampuan yang cukup dalam mengoperasikan alat berat untuk mengurangi resiko kecelakaan yang dapat menyebabkan kerugian materi ataupun jiwa.


Salah satu upaya dalam mengurangi resiko tersebut adalah dengan mamastikan bahwa operator memenuhi berbagai kualifikasi yang sudah ditentukan sesuai standar dan kamu dapat mengeceknya dibeberapa persyaratan sebagai berikut:

  • Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor 05/MEN/1985 mengenai pesawat angkat dan angkut.

  • Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor mengenai 01/MEN/1985 dan juga syarat-syarat operator mesin keran angkat.

  • Surat Keputusan Dirjen Pembinaan Pengawasan Keternagakerjaan Depnakertrans Republik Indonesia Nomor 003/DJPPK/PJK3-LAT/2009 berkaitan dengan penunjukkan perusahaan jasa K3 atau perusahaan yang menyediakan jasa pembinaan maupun pelatihan sertifikasi Depnakestrans RI.

Kemampuan dan Tugas yang Wajib Diketahui Operator Alat Berat


Seorang yang ingin menjadi operator alat berat wajib memahami apa saja kemampuan dan tugas yang harus dimiliki seperti berikut:


1. Kemampuan

Seorang yang bekerja sebagai operator wajib memiliki kemampuan seperti di bawah ini, terutama yang bekerja di sektor pertambangan

  • Mampu mengemudikan alat berat dengan baik. Hal ini bisa dibuktikan dengan memiliki Surat Ijin Mengemudi klasifikasi B II. SIM B II dapat didapatkan setelah yang bersangkutan memiliki SIM A kurang lebih 1 tahun.

  • Operator alat berat juga harus memiliki lisensi atau sertifikat SIO. SIO atau bisa disebut juga Surat Ijin Operator adalah sertifikat yang diberikan berkaitan dengan ijin seseorang dalam mengoprasikan alat angkat dan alat angkut. Kamu juga perlu tahu bahwa operator alat berat dapat memiliki SIO tanpa harus memiliki SIM B II dengan catatan alat berat yang dioperasikan tersebut tidak digunakan atau dijalankan di jalan umum.

  • Operator alat berat harus memiliki kemampuan dasar berupa teknis analitik dan juga diagnostik di bidang elektronik, terutama berkaitan dengan mesin alat berat.

  • Memiliki kemampuan untuk mengikuti dan memahami arahan yang diberikan serta mampu bekerja sama dengan baik di lapangan.

  • Memahami seperti apa area tempat kerjanya, terutama berkaitan dengan apa saja resiko dan juga bahaya yang bisa terjadi kapan saja.

2. Tugas

Sementara itu, tugas seorang operator adalah sebagai berikut:

  • Sebelum mengoperasikan alat berat, operator harus terlebih dahulu melakukan pengecekkan terhadap alat berat apakah sudah sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku. Contohnya seperti melakukan pemeriksaan terhadap oli dan bahan bakar.

  • Ketika operator mendeteksi adanya permasalahan pada alat berat yang akan dioperasikan, operator harus langsung melaporkan permasalahan tersebut ke pengawas lapangan atau orang yang memiliki tugas untuk mengurusi permasalahan pada alat berat.

  • Seorang operator harus mampu mengambil keputusan yang aman serta produktif. Dengan begitu, peralatan alat berat yang digunakan tidak cepat rusak sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

  • Operator harus bisa menempatkan alat berat maupun peralatannya di tempat yang sudah ditentukan.

  • Selesai menggunakan alat berat, mesin harus dimatikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

  • Seorang operator harus melakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala sesuai dengan jadwal.

  • Operator harus selalu menjaga kebersihan alat berat yang digunakan.

Pedoman Dasar

Untuk bisa menjadi operator alat berat yang handal dan profesional, ada beberapa hal yang harus dipahami sebagai pedoman dasar yaitu ketahanan fisik, mental, dan juga teknik operasional.


1. Ketahanan Fisik

  • Menerapkan pola makan sehat. Makan makanan yang bergizi dan tepat waktu. Jika tidak menjaga pola makan, bisa berakibat tubuh menjadi lesu dan menurunnya stamina. Sebagai operator harus selalu bisa menjaga kondisi tubuh dikarenakan pekerjaan yang cukup melelahkan dan memerlukan fokus yang tinggi.

  • Hindari mengonsumsi makanan, minuman, ataupun penggunaan bahan-bahan yang merugikan kesehatan.

  • Melungkan waktu untuk istirahat yang cukup.

2. Ketahanan Mental

  • Memiliki sikap berani serta percaya diri. Seorang operator handal harus memiliki keyakinan dan kepercayaan diri bahwa dia bisa mengemudikan dan mengoperasikan alat berat tersebut. Meskipun Sebenarnya memiliki kecerdasan, namun ketika tidak diimbangi dengan keberanian maka akan sia-sia.

  • Harus terus belajar agar kemampuan dan pengalaman semakin meningkat.

  • Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang lain. Jika sudah merasa pandai, maka akan timbul rasa enggan untuk bertanya padahal sebenarnya ada hal yang belum dipahami. Jika dipaksakan, bisa menyebabkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain.

3. Teknik Operasional

  • Safety is the first. Keselamanan merupakan prioritas utama. Ketika memprioritaskan keselamatan, maka kesuksesan kerja akan menyusul.

  • Team Work. Kerja sama tim merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan kerja. Lakukan kerja sama yang baik untuk mencapai tujuan bersama sehingga mampu meningkatkan solidaritas dan keberhasilan pun tinggal menunggu waktu.

  • Fokus pada hasil kerja. Jika semua operasional sebelumnya seperti menjaga keselamatan dan kerja sama tim telah dilakukan dengan baik yang terakhir operator hanya perlu fokus pada hasil. Operator alat berat harus mampu memikirkan hasil kerja dan bukan berpikir bahwa yang penting tugas sudah diselesaikan sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Demikian siapa sebenarnya operator alat berat beserta tugas dan pedoman yang harus diikuti oleh operator. Tentunya tidak mudah untuk menjadi operator alat berat karena tanggung jawabnya pun cukup besar mulai dari keahlian yang harus terasah dengan baik dan juga lisensi yang dimiliki. Tidak semua orang bisa dan berhak untuk mengoperasikan alat berat.

120 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page