top of page
Cari
  • Gambar penulisSurya Metalindo Parts

Tips Memelihara Komponen dan Spare Part Alat Berat



Sepert kendaraan motor, alat berat berat juga butuh pemeliharaan sehingga alat berat bisa beroperasi secara maksimal. Salah satu cara melakukan pemeliharaan untuk alat berat adalah dengan mengganti komponen yang sudah lama digunakan dengan spare part alat berat yang baru. Pemeliharaan pada alat berat memang sangat penting dan harus dipehatikan untuk menghindari kerusakan yang parah dan akibatnya harus mengganti dengan spare part alat berat yang baru dan yang pasti harganya pun tidak murah.


Alat berat yang kita tahu memang berperan penting dalam pembangunan khususnya dalam membangun konstruksi fasilitas umum seperti proyek pembangunan jalan, jembatan, dan gedung-gedung bertingkat. Semakin banyak proyek pembangunan yang dijalankan, tentu akan membutuhkan banyak jenis alat berat dengan kondisi terbaik.


Lalu bagaimana cara untuk melakukan pemeliharaan terhadap komponen dan spare part alat berat sehingga bisa tahan lama, dengan begitu juga bisa menghemat budget untuk tidak perlu selalu mengganti dengan spare part alat berat yang baru.

  1. Jaga selalu kebersihan setiap komponen alat berat, sehingga tidak mudah berkarat. Pastikan juga ini selalu dilakukan secara rutin setelah penggunaan alat berat. Karena jika dibiarkan hingga berkart, justru ini akan membuat komponen pada alat berat akan mengalami keausan hingga pada akhirnya rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

  2. Rutin dalam mengganti saringan oli. Hal ini sudah menjadi kewajiban khususnya operator untuk rajin mengganti saringan oli setiap telah melewati 2500 jam pemakaian. Ini dilakukan untuk menghindari kotoran dan benda asing yang akan tersaring dan terbawa oleh saringan oli. Jika saringan oli tidak diganti secara rutin akan penuh dan tersumbat oleh kotoran setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu sehingga menyebabkan tidak berfungsi dengan baik.

  3. Gunakan minya pelumas khusus untuk setiap komponen atau spare part alat berat. Untuk beberapa jenis mesin dan komponen alat jenis mesin dan komponen alat berat membutuhkan pelumas khusus untuk membantu dalam mencegah karat. Namun jenis minyak pelumas yang digunakan harus sesuai dengan merk yang dianjurkan.

  4. Hindari penggunaan mesin alat berat dengan temperatur berlebihan. Jika ini terus menerus dilakukan, maka ini akan memicu kebocoran pada mesin sehingga komponen-komponen dalam mesin alat berat juga ikut rusak dan harus diganti dengan yang baru. Oleh karena itu, untuk operator harus jeli dan cermat ketika mengoperasikan alat berat.

Berikut itulah beberapa tips dalam menjaga atau memelihara komponen dan spare part alat berat.

22 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

댓글


bottom of page